Cara Mengatasi Angin Duduk

cara mengatasi angin duduk
cara mengatasi angin duduk

Cara Mengatasi Angin Duduk – Angin duduk atau dalam bahasa medisnya angina adalah rasa nyeri yang terasa pada bagian dada dikarenakan otot-otot jantung kurang mendapatkan pasokan darah. Penyebab utama terganggunya pasokan darah disebabkan oleh menyempitnya atau mengerasnya pembuluh darah dan angin duduk ini bisa dialami oleh anda secara tiba-tiba.

Pada saat anda terkena angin duduk akan merasakan nyeri pada bagian dada yang bisa menjalar sampai ke lengan kiri, leher, rahang, dan punggung. Tidak hanya itu anda juga akan merasakan gejala seperti sesak napas, tubuh yang terasa lelah, mual, pusing, gelisah, serta mengeluarkan keringan yang berlebihan.

Walaupun nyeri pada bagian dada ini tidak selalu berkaitan dengan penyakit jantung, namun anda harus tetap mewaspadainya. Maka ketika anda meraskan nyeri pada bagian dada segeralah periksakan ke dokter jika sebelumnya tidak pernah mengalami gangguan pada jantung. Cara Mengatasi Angin Duduk

Ciri-ciri terkena angin duduk paling umum

1. Rasa nyeri pada bagian dada

Ciri utama ketika anda mengalami angin duduk ialah meraskaan nyeri pada bagian dada. Dalam kondisi tersbeut biasnay anda menjadi tidak nyaman karena dada nyeri, dan terasa sumperk serta tertekan. Dan biasanya rasa nyeri ini seperti di remas-remas terutama pada bagian tengah dada.

Selain itu anda juga merasakan seperti tertekan atau ditindih pada bagian dada sehingga sangat tidak mengenakan. Apabila hal ini terjadi tanpa alasan yang jelas maka segeralah lakukan pemeriksaan kepada dokter supaya mendapatkan penangananyang tepat. Keadaan ini juga harus anda waspadai karena hal ini bisa berhubungan dengan penyakit jantung.

2. Nafas yang terasa berat

Anda yang terkena angin duduk akan mengalami nafas yang berat dan mudah tersengal-sengal. Biasanya ketika anda melakukan aktivitas sehari hari yang berlebihan dan aktif akan membuat nafas menjadi pendek. Tapi jika anda tidak melakukan aktivitas yang berlebihan serta mengalami napas yang pendek maka segerlah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Karena kondisi tersebut bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada organ paru-paru atau jantung. Namun anda bisa mengtakan terkena angin duduk jika mengalami nafas yang berat dan disertai dengan rasa sakit pada bagian dada. Cara Mengatasi Angin Duduk

3. Tubuh cepat lelah

Pada saat melakukan aktivitas fisik yang berlebihan tubuh anda akan cepat terasa lelah serta nafas yang pendek. Namun anda harus mencurigai ketika anda tidak melakukan aktivitas yang berlebih tapi tubuh terasa lelah dan napas menjadi pendek. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa daya tahan tubuh anda rendah. Dan jika anda mengalami nyeri pada dada maka hal tersebut berhubungan dengan jantung yang tidak sehat atai ciridari angin duduk maka untuk memastikannya segerlah periksakan ke dokter.

4. Rasa nyeri pada dada menjalar

Pasokan darah yang kurang di otot-otot jantung akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada dada. Bahkan rasa nyeri ini bisa menjalar dengan mudah dan cepat sehingga tidak hanya di rasakan pada bagian tengah dada saja seperti ke bagian rahang, leher, bahu, lengan kiri serta bagian punggung. Anda sangat di sarankan untuk segera ke dokter jika rasa nyeri ini sudah tak begitu nyaman dan terasa aneh karena mampu menjalar kebagian tubuh lainnya. Cara Mengatasi Angin Duduk

5. Terasa ingin mual

Ada sebagian orang yang menderita angin duduk meninggal karena mengabaikan gejala-gejalanya. Karena gejala angin duduk ini banyak dianggap sebagai penyakit biasa yang bisa sembuh dengan sendirinya. Salah satu gejala yang sering diabaikan ialah mual karena banyak yang beranggapn bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh gangguan pencernaan saja.

Maka dari itu anda harus mengetahui perbedaan mual yang disebbakan oleh masalah pencernaan dan mual yang dtimbulkan oleh angin duduk. Biasanya rasa mual yang disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaan akan disertai dengan perut yang terasa begah atau kembung. sedangkan pada angin duduk mual ini akan di serta dengan gejala seperti adanya rasa nyeri pada bagian dada. Cara Mengatasi Angin Duduk

6. Sesak nafas

Apabila anda menderita angin duduk maka akan mengalami sesak napas atau nafas yang mudah menjadi pendek-pendek dan tersengal-sengal. Sesak nafas ini merupakan suatu kondisi dimana anda kesulitan ketika menarik nafas dan tidak seperti biasanya.

Biasanya sesak nafas ini dilaami oleh anda yang memiliki riwayat penyakit asma. Pada saat anda mengalami angin duduk akan merasakan sesak nafas yang disertai dengan rasa mual dan nyeri pada bagian dada.

7. Sakit kepala

Tidak hanya mual orang yang terkena angin duduk juga akan mengabaikan gejala lainnya seperti sakit kepala. Karena rasa mual yang disertai dengan sakit kepala akan dianggap sebagai kondisi masuk angin biasa. Sehingga banyak yang menderita angin duduk telat dalam melakukan pengobatan. Cara Mengatasi Angin Duduk

Anda jangan mengabaikan jiika merasakan sakit kepala yang disertai dengan sesak nafas dan juga merasa nyeri pada bagian tengah dan kiri dada. Apabila anda telat dalam melakukan pengobatan maka akan berpotensi untuk meninggal, untuk itu periksakanlah ke dokter jika mengalami gejala tersebut supaya mendapatkan pengobatan yang tepat.

8. Tubuh terasa menggigil

Biasanya badan yang terasa menggigil di sebabkan oleh cuaca yang dingin atau karena anda mengalami masuk angin. Namun anda harus mewaspdai keadaan jika mengalami badan menggigil tanpa alasan dan disertai dengan nyeri dada. Apalagi jika anda merasakan nyeri yang tak tertahankan dan tidak nyaman karena hal tersebut termasuk dalam ciri penyakit angin duduk. Cara Mengatasi Angin Duduk

9. Tubuh berkeringat dingin

Tanda anda menderita angin duduk ialah akan meneluarkan keringat berlebihan dan dingin. Kondisi tersebut bisa menandakan bahwa anda terkena angin duduk jika keringat dingi disertai dengan sesak nafas serta nyeri dada.

10. Merasa panik

Secara tiba tiba anda merasa panik yang tanpa alasan maka hal tersbeut harus di waspadai. Biasany anda akan merasa panik ketika dalam keadaan yang terdesak atau suatu hal yang buruk terngah dialami. Namun jika anda mengalami kepanikan yang tanpa alasan jelas maka hal tersebut cukup menghkwatirkan.

Anda sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami rasa panik, yang di sertai dengan kesulitan bernafas, nyeri pada bagian dada dan sakit kepala serta mual. Jangan terlalu lama untuk ke dokter karena angin duduk ini datang tiba-tiba dan merenggut nyawa anda seketika.  Cara Mengatasi Angin Duduk

11. Nyeri pada ulu hati

Tidak hanya pada dada anda juga akan merasakan nyeri pada bagian ulu hati ketika menderita angin duduk. Namun kondisi tersebut banyak dianggap sebagai ciri dari naiknya asam lambung atau penyakit maag biasa. Memang ketika asam lambung naik akan menyebabkan ulu hati menjadi terasa nyeri yang disertai dengan rasa mual dan ingin muntah. Namun gangguan pencernaan tidak akan menimbulkan gejala nyeri pada bagian dada. Maka dari itu anda harus mewaspdai jika mengalami nyeri ulu hati yang disertai dengan rasa nyeri di dada.

12. Tubuh terasa lemas

Jika anda mengalami gangguan pada jantung maka akan merasakan tubuh yang mudah lelah. Apalagi jika disertai dengan gejala lainnya seperti badan menggigil, nyeri pada bagian dada, namun ada sebagai orang yang menganggap bahwa kondisi tersebut merupakan gejala tidak senak badan atau masuk angin biasa. Cara Mengatasi Angin Duduk

Namun ketika mengalami masuk angin anda tidak akan merasakan nyeri pada abgian dada. Maka dari itu jika anda mengalami tubuh yang lemas dan disertai dengan gejala lainnya segeralah lakukan penanganan sebelum terlambat. Karena jika anda terlambat dalam melakukan pengobatan maka akan mengakibatkan kematian.

13. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami angin duduk. Dehidrasi ini biasany terjadi karena tubuh yang tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga menimbulkan rasa haus dan kering yang berlebihan.

Kurangnya cairan di dalam tubuh juga bisa mengakibatkan anda menjadi lemas. Namun anda harus segera melakukan pemeriksaan jika mengalami dehidrasi yang di sertai dengan nyeri pada bagian dada, dan timbulnya gangguan pernapasan. Cara Mengatasi Angin Duduk

Cara mengatasi angin duduk

  1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan karena lezatnya saja tanpa melihat seberapa bergizinya makanan tersebut. Padahal anda sangat di anjurkan untuk mengonsumsi maknan yang mengandung gizi karena bermanfaat untuk menyehatkan tubuh tak terkecuali jantung.  Makan tersebut ialah yang mengandung serat tinggi, bervitamin, dan mineral. Maka dari seringlah mengonsumsi makan seperti sayur dan biji-bijian.

2. Menghindari asupan garam yang berlebihan

Anda yang menderita hipertensi pasti harus menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih. Karena jika anda mengonsumsinya akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah lebih tinggi. Cara Mengatasi Angin Duduk

Bahaya tekanan darah tinggi ialah bisa memicu terjadinya berbagai jenis penyakit jantung salah satunya ialah angina. Maka dari itu anda harus menghindar mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan seperti ikan asin dan yang lainnya.

3. Memenuhi asupan kalori

Kebutuhan kalori pada orang dewasa sudah ada takarannya yaitu sekitar 2000 sampai 3000 kalori. Maka anda harus bijak dalam mengonsumsi kalori yakni tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak.  Cara Mengatasi Angin Duduk

4. Menghindari merokok

Apabila anda mempunyai kebiasaan buruk seperti sering merokok maka hal tersebut bisa mengganggu kesehatan pernafasan bahkan bisa memicu terjadinya kanker paru paru. Tidak hanya itu merokok juga bisa mengakibatkan rusaknya dinding arteri dan akan menyebabkan penumpukan kolestrol sehingga darah menjadi sulit untuk menyuplai dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

5. Membatasi minuman beralkohol

Tidak hanya membahayakan sistem saraf otak sering mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol juga bisa membahayakan organ lainnya. Alkohol juga sangat tidak baik untuk kesehatan jantung maka dari itu hindarilah mengonsumsi minuman beralkohol agar gejala angin duduk lebih serta terobati secara tepat.  Cara Mengatasi Angin Duduk

6. Mengontrol kadar gula darah secraa rutin

Angin duduk juga bisa dipicu oleh faktor medis seperti penyakit diabetes maka dari itu anda harus selalu mengontrol gula darah. Minimal anda melakukan cek darah ini dua kali dalam setahun karena bermanfaat untuk mengetahui kondisi gula darah supaya jika terjadi apa-apa bisa segera ditangani dengan cepat.

7. Menyeimbangkan kegitan fisik dan istirahat

Ketika anda menderita angin duduk maka harus menghindari keadaan tubuh yang terlalu lelah. Maka anda harus menyeimbangkan kegiatan fisik dan waktu istirahat atau lebih baiknya lagi berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui olahraga yang cocok untuk penderita angin duduk.  Cara Mengatasi Angin Duduk

 

post by: sansanherbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.