Tips mengatasi batuk pada bayi

31 Okt

Tips mengatasi batuk pada bayi

tips mengatasi batuk pada bayi
tips mengatasi batuk pada bayi

Tips mengatasi batuk pada bayi – Batuk merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernafasan didalam tubuh.

Mengatasi batuk pada bayi ataupun balita dengan cara memberikan obat batuk snagat tidak dianjurkan hingga anak berusia enam tahun.

Meskipun aman untuk orang dewasa, obat batuk yang biasanya dikonsumsi oleh anda bisa menyebabkan efek samping yang membahayakan nyawa bayi.

Hal lain yang harus anda perhatikan sebelum merawat anak yang batuk ialah dengan mengenali terlebih dalu gejala dan jenis batuk yang dideritanya, apakah jenis batuk kering atau basah. Tips mengatasi batuk pada bayi

Ada beberpa faktor yang bisa menyebabkan batuk kering, misalnya pilek, flu, batuk rejan dan croup.

Sedangkan batuk basah yang disertai dengan nafas cepat atau sesak bisa disebabkan oleh pnemonia.

Umumnya batuk yang terjadi pada bayi ialah batuk kering yang sangat mengganggu di dada dan merupakan gejala dari pilek atau flu.

Sementara batuk dengan bunyi mengi bisa jadi merupakan gejala asma atau bronkitis. Meskipun kondisi ini jarang terjadi pada anak berusia di bawah 2 tahun,

namun asma ini bisa dialami oleh si kecil terlebih jika terdapat riwayat orang tua yang menderita asma atau jika ia pernah menderita alergi ketika masih bayi.

Simak selengkapnya

Setidaknya batuk ini akan dialami oleh anak sebanyak 8 kali pada tahun pertama hidupnya, sebab sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang.

Biasanya batuk juga akan disertai dengan demam, radang tenggorokan, hidung tersumbat atau terdapat ingus. Tips mengatasi batuk pada bayi

Dan mata yang menjadi merah, nafsu makan menurun, serta terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau belakang kepala.

Gejala tersebutlah yang akan membuat anak anda menjadi rewel dan lebih sensitif dari biasanya, karena si kecil berusaha untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan atau lendir di paru-parunya.

Sedangkan batuk lendir bewarna kekuningan atau kehijauan merupakan tanda bahwa terdapat infeksi bakteri pada saluran pernafasan, kondisi ini harus segera diobati.

Cara mengatasi batuk pada bayi

Meningkatkan cairan tubu

Ternyata dengan menambahkan asupan cairan bisa memudahkan untuk batuk dan dapat mengurangi lendir di hidung sehingga bayi anda akan mudah bernafas.

Caranya ialah dengan memberikan air putih, susu, jus, atau memberikan sup ayam hangat dan coklat panas yang bisa meringankan rasa sakit di tenggorokan.

Pastikan dalam memberikannya dalam level hangat, bukan panas. Namun metode ini hanya bisa dilakukan bagi bayi yang sudah berusia diatas 6 bulan.

Sementara untuk bayi yang di bawah enam bulan, ada baiknya anda memberikan ASI ekstrak, karena ASI diyakini bisa meningkatkan imunitas bayi. Tips mengatasi batuk pada bayi

Berikan sedikit madu

Didalammadu terdapat kandungan antioksidan dan antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu madu juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.

Memberikan sedikit madu bisa meringankan batuk pada bayi. Cobalah untuk memberikan setengah sendok teh madu sebelum bayi anda tidur, tapi pengobatan ini bisa anda lakukan jika bayi sudah berusia diatas satu tahun.

Menaikan kepala bayi

Anda akan mencoba tidur dengan kepala sedikit dinaikan, ketika sedang merasa sulit bernafas atau mengalami hidung tersumbat.

Hal ini juga bisa anda terapkan pada bayi, taruhlah bantal yang tidak terlalu tebal atau handuk yang sudah di lipat, diatas matras dimana kepala bayi anda akan dibaringkan, tentunya posisi ini akan memudahkannya untuk bernafas.

Pilih makanan yang meringankan batuk

Bagi bayi yang berusia enam bulan atau dibawahnya, sebaiknya cukup fokuskan pada pemberian ASI dan susu formula.

Namun jika bayi anda mendekati setahun keatas, maka bisa memilih makanan yang lembut seperti pudding, yoghurt, dan saus apel. Tips mengatasi batuk pada bayi

Apabila bayi anda meyukai makanan yang hangat, maka bisa memberikannya kalsu ayam atau ouding yang baru saja di buat.

Waktu istirahat yang cukup

Anda juga harus memastikan bawa bayi mendapatkan istirahat yang cukup. Biasanya batuk akan menyebabkan hilangnya nafsu makan, menyebabkan gelisah, dan sulit beristirahat.

Maka dari itu anda bisa mencoba menidurkannya saat waktunya beristirahat, jika ia mudah tertidru digendongan,

sebaiknya anda tidak membaringkannya hingga ia tertidur. Apabila ia mudah tidru di ranjang maka anda bisa membaringkannya di ranjang.

Memberikan uap panas

Uap panas bermanfaat untuk meringankan hidung tersumbat dan batuknya. Caranya ialah dengan memasak air panas, lalu taruhlah di ember kecil atau baskom, dekatkanlah dengan bayi anda namun pastikan supaya bayi anda tidak terkena air panas itu. Tips mengatasi batuk pada bayi

Selain itu anda juga bisa duduk di kamar mandi dengan bayi, dan biarkanlah pancuran air hangat mengalir, perlu anda ketahui bahwa uap panas ini bisa melancarkan saluran udara pernafasan.

Cara alami mengobati batuk pada anak

Menggunakan madu

Obat alami pertama yang bisa anda gunakan untuk menagtasi batuk pada anak ialah madu murni.

Tak perlu diragukan lagi khasiat dan manfaat madu dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, mulai dari yang ringan hingga panyakit serius.

Madu murni akan membantu meredakan peradangan atau sakit di tengggorokan. Tidak hanya itu madu juga akan meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga cepat sembuh.

Bagi anak-anak usia antara 2 sampai 5 tahun, anda bisa memberikannya setengah sendok teh madu.

Sedangkan bagi anak yang sudah berusia diatas 12 tahun, anda bisa memberikannya sebanyak 2 sendok teh madu.

Ada baiknya anda memberikan madu tepat sebelum mereka tidur, hindari memberikan madu pada bayi dibawah usia satu tahun.

Cuka sari apel

Bahan alami selanjutnya yang buisa anda manfaatkan untuk menagtasi batuk pada anak ialah cuka sari apel. Tips mengatasi batuk pada bayi

Caranya ialah dengan menyiapkan segelas air, kemudian tambahkan satu sendok teh madu dersama dengan cuka sari apel dengan takaran yang sama. Aduklah ramuan tersebut hingga rata,

lalu minumkanlah pada anak anda, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dimana sakit di tenggorokan akan lebih cepat reda, maka minumkanlah ramuan ini pada anak anda secara rutin dan teratur.

Jahe

Meskipun banyak orang yang khawatir akan efek samping jahe, sebenarnya jahe merupakan tanaman yang aman dan sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, asalkan takaran yang digunakan tepat.

Untuk meangtasi batuk anak, anda hanya perlu menyediakan seperempat sendok teh jahe yang sebelumnya sudah dilumatkan dan lada cayene dengan takaran sama banyaknya.

Setelah itu tambahkanlah 2 sendok makan air, satu sndok makan madu dan cuka sari apel. Anda bisa memberikan ramuan ini pada bayi sebanyak 2 sendok teh setiap harinya hingga batuk sembuh.

Air garam

Air garam juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi gangguan batuk, baik itu pada anak-anak ataupun orang dewasa. Tips mengatasi batuk pada bayi

Untuk mengkonsumsinya anda harus menyiapkan secangkir air hangat yang kemudian ditambahkan dengan setengah sendok teh garam kedalamnya.

Aduklah semua bahan tersebut hingga menjadi rata, setelah itu ajaklah anak untuk berkumur dengan ramuan ini atau anda berikan 2 sampai 3 tetes pada setiap lubang hidung anak anda.

Lalu surulah anak anda untuk menghembuskannya hingga hidung yang tersumbat ikut lega.

Banyak istirahat

Sebenarnya obat batuk anak yang paling ampuh ialah banyak-banyak istirahat. Pada saat anak anda rentan terhadap flu dan batuk, hal ini menandakan bahwa daya tahan tubuhnya sedang turun atau lemah.

Perlu anda ketahui bahwa dengan banyak istirahat atau tidur, anak anda akan lebih cepat pulih dan batuk pun akan lebih cepat sembuh.

Umumnya anak-anak akan suka bermain dan menggunakan waktunya semaksimal mungkin untuk melakukan kegiatan favoritnya,

Sebagai orang tua yang baik, anda harus memberitahukan secraa perlahan-lahan bahwa mereka perlu cukup tidur dan istirahat supaya batuk bisa cepat sembuh. Maka untuk sementara ini, jangan biarkan anak terlalu aktif karena iala akan mudah kelelahan. Tips mengatasi batuk pada bayi

Jeruk nipis

Tidak hanya jus lemon anda juga bisa menggunakan jeruk nipis yang sangat baik dalam memerangi batuk pada anak.

Untuk menggunaknnya anda hanya perlu menyiapkan perasanjeruk nipis sebanyak 3 sendok makan yang dicampur dengan madu, Tips mengatasi batuk pada bayi

dan anda juga harus menambahkan 5 sendok makan air matang. Anda bisa memberikan ramuan ini pada anak usia satu tahun.

Kencur

Kencur juga bisa anda jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk pada anak. Namun pengobatan dengan bahan kencur ini hanya bisa anda berikan pada anak yang sudah berusia 2 tahun.

Untuk menggunakannya anda harus menyediakan 5 gram kencur yang sebelumnya suda di bersihkan, lalu parutlah.

Dan parutan kencur tersebut bisa dirtambahkan dengan air putih matang sebanyak 2 sendok makan.

Setelah itu aduklah hingga menjadi rata, lalu saringlah ampasnya. Anda juga bisa menambahkan madu satu sendok makan saja agar rasanya menjadi manis.

Kemudian minumkanlah ramuan ini pada anak anda secara rutin dan teratur yaitu 2 sampai 3 kali dalam sehari. Tips mengatasi batuk pada bayi

Kunyit

Selain kencur anda juga bisa menggunakan rempah lainnya seperti kunyit untuk mengatasi batuk pada anak.

Untuk membuat ramuannya anda harus memotong kunyit yang sebelumnya sudah di bersihkan, setelah itu oleskanlah potongan kunyit tersebut pada puting payudara ibu.

Khusus bagi bayi yang sedang mengalami batuk, biarkanlah si kecil menyusui seperti biasanya, Sedang bagi bayi yang sudah menggunakan dot,

anda harus menyiapkan bubuk kunyit secukupnya lalu masukan pada air susu dan minumkanlah air susu tersebut didalam dot sepereti biasanya.

Bunga belimbing wuluh

Perlu anda ketahui bahwa belimbing wuluh bukanlah belimbing dalam bentuk buah, melainkan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa asam.

Namun untuk mengatasi batuk pada anak, anda membutuhkan bunga dari belimbing wuluh bukan buahnya. Tips mengatasi batuk pada bayi

Pertama-tama anda harus menyiapkan segenggam bunga belimbing wuluh, setengah gelas air matang, sesendok makan gula batu, dan sesiung bawang merah, serta buah pala secukupnya.

Tapi bawang merah perlu anda potong-potong terlebih dahulu menjadi 4 bagian, sedangkan buah pala harus anda lumatkan kecil-kecil. Setelah itu tim lah seluruh bahan selama 1 jam, kemudian saringlah air.

Lalu minumkanlah ramuan tersebut pada anak anda, dosis yang paling tepat ialah 3 sampai 4 kali dalam sehari dengan takaran satu sendok makan, Namun obat ini  tidak direkomendasikan bagi anak yang berusia diabawah satu tahun. Tips mengatasi batuk pada bayi

 

post by: sansanherbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *