Obat Diabetes Di Apotik

2 Agu

Obat Diabetes Di Apotik

obat diabetes di apotik
obat diabetes di apotik

Obat Diabetes Di Apotik – Diabetes merupakan salah satu penyakit jangka panjang atau kronis yang dapat terjadi karena kadar gula darah atau glukosa yang jauh di atas normal. Pada dasarnya glukosa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan anda karena merupakan sumber energi terutama bagi otak ataupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh anda.

Berdasarkan perkembangannya penyakit diabetes ini terbagi menjadi dau jenis yaitu tipe 1 dan tipe 2. Biasanya diabetes tipe 1 bisa berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu bahkan beberapa hari saja. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih sering tidak di sadari karena penyakit ini berkembang selama bertahun-tahun karena gejalanya tidak spesifik.

Pada umumnya diabetes ini disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Tapi tidak hanya itu saja penyakit ini juga bisa disebabkan oleh kelainan reaksi kimia dalam hal penggunaan yang tepat dari karbohidrat, lemak, dsan protein dari makanan karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin. Obat Diabetes Di Apotik

Dan insulin ini merupakan hormon yang di hasilkan oleh prankeas untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Biasanya kadar kadar gula darah kurang dari 120-140 mg/dl ketika 120 menit setelah makan atau mengonsumsi minuman yang mengandung gula atau karbohidrat lainnya.

Kadar gula darah normal di dalam tubuh dapat meningkat sedikit, namun jika anda sudah berusia diatas 50 tahun dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat terutama anda yang tidak aktif secara fisik.

Gejala yang akan anda rasakan ketika menderita diabetes

  1. Sering merasa lapar

Gejala utama yang akan anda rasakan ketika menderita diabetes ialah rasa lapar yang berlebihan. Hal ini dapat terjadi karena tubuh merubah makanan menjadi kadar gula dalam darah dengan waktu yang sangat cepat. Sedangkan tubuh anda tidak memiliki insulin atau sel sehingga tidak mampu menerima insulin yang di hasilkan prankeas. Kondisi tersebutlah yang membuat anda menjadi sering lapar dari biasanya. Obat Diabetes Di Apotik

2. Tubuh sangat lelah

Pada saat menderita diabetes anda juga akan merasakan tubuh yang sangat lelah karena cadangan gula dalam darah tidak bisa menyerap menjadi energi karena tidak ada insulin yang merubahnya. Dalam kondisi tersebut tubuh akan menolak meskipun memiliki cadangan jumlah insulin yang cukup ataupun yang tidak cukup. Sehingga tubuh anda menjadi lelah dan di sertai dengan rasa lapar yang berlebih.

3. Frekunsi buang air kecil meningkat

Dalam kondiis normal anda akan buang air kecil sekitar lima hingga delapan kali dalam sehari. Tapi anda yang mengalami diabetes bisa buang air kecil lebih dari yang normalnya sehingga anda merasa frustasi. Obat Diabetes Di Apotik

Hal ini dapat terjadi karena pada dasarnya tubuh harus menyerap glukosa yang sudah masuk kedalam ginjal. Tapi jika anda memiliki kadar gula dalam darah tinggi akan menyebabkan semua proses itu tidak terjadi. Sehingga semua hasil metabolisme kadar gula dalam tubuh akan keluar setelah melalui ginjal.

4. Sering merasa haus

Tidak hanya sering  lapar anda yang menderita diabetes juga akan merasakan rasa haus yang berlebih. Hal ini sangat berkaitan dengan banyaknya cairan yang keluar dari tubuh bersama dengan urin, maka anda akan memerlukan cairan yang banyak juga. Rasa haus yang berlebihan ini menjadi tanda bahwa kadar gula dalam darah tinggi. Obat Diabetes Di Apotik

5. Mulut terasa kering

Salah satu tanda yang akan anda rasakan ketika menderita diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 ialah mulut yang selalu terasa kering. Kondisi ini berdampak dari tubuh yang terlalu sering buang air kecil dalam waktu yang cepat yang juga disertai dengan rasa haus yang berlebihan.

Mulut ini akan terasa kering ketika tubuh tidak menerima cairan dalam waktu yang cepat. Bahkan hal tersebut juga mengganggu produksi air liur sehingga gajala ini juga akan membuat anda mengalami dehidrasi dikarenakan kurangnya cairan.

6. Kulit terasa gatal

Tubuh anda sangat memerlukan cairan karena memiliki peran yang sangat penting salah satunya untuk untuk sistem metabolisme yang berjalan dengan cepat. Tapi dalam keadaan tertentu tubuh yang kekurangan cairan bisa membuat kulit anda menjadi kering. Obat Diabetes Di Apotik

Biasanya hal ini akan disertai dengan timbulnya rasa gatal sehingga anda ingin menggaruknya dan akhirnya menimbulkan luka. Dan rasa gatal ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, namuan lebih sering pada bagian sela-sela jari kaki dan tangan.

7. Penglihatan yang menjadi ganda atau kabur

Bagian mata juga bisa terpengaruh dari tubuh yang kekurangan cairan. Ketika tubuh anda mengeluarkan urin secara berlebihan maka hal tersebut menyebabkan perubahan tingkat cairan dalam tubuh.

Sehingga kondiis tersebut bisa membuat perbedaan tekanan pada bagian lensa mata. Lensa mata ini akan mengalami pembengkakan sehingga mengakibatkan lensa mata tidak bisa mengangkap gambar dengan jelas.  Obat Diabetes Di Apotik

8. Berat badan menurun drastis

Salah satu ciri yang mudah kita kenali ketika menderita diabetes ialah berat badan yang turun secara drastis. Hal ini dapat terjadi karena tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Tubuh yang di dalamnya memliki kadar gula dalam darah tinggi akan menyebabkan tubuh tidak mendapatkan cadangan nergi sesuai kebutuhan. Kemudian tubuh ini akan berusaha menggunakan energi dari cadangan lemak dan massa otot dan kondisi ini tidak bisa dirubah meskipun makan dalam jumlah yang banyak.

Kebiasaan yang bisa memicu terjadinya diabetes

  1. Kurang beristirahat atau tidur

Kuirangnya kualitas tidur bisa menyebbakan metabolisme tubuh mengalami gangguan. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa jika kita kurang tidur dalam waktu tiga hari saja bisa menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan tubuh dalam memproses glukosa sehingga akan snagat rentan untuk terkena diabetes. Obat Diabetes Di Apotik

Pada saat anda kurang tidur maka hormon penimbul nafsu makan di dalam darah akan terstimulasi. Hal ini akan mengakibatkan anda menjadi selalu lapar sehingga akan tergiur untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

2. Sering ngemil

Ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa membatasi makan malam atau siang bisa menghindarkan dari penyakit diabetes ataupun obesitas. Meskipun membatasi makan malam atau siang, tapi anda yang hobi mengemil misalnya kripia atau biskuit dan kue-kue manis juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Maka dari itu jika anda tidak ingin terkena penyakit diabetes maka hindarilah sering mengemil kue manis, biskuit, kripik dan yang lainnya.  Obat Diabetes Di Apotik

3. Mengonsumsi teh manis

Anda yang sering mengonsumsi teh manis akan sangat rentan untuk terkena diabetes apalgi jika meminumnya setelah makan. Karena meminum teh manis secara terus menerus dapat melonjakan kadar gula dalam darah sehingga memicu diabetes. Tidak hanya diabetes anda yang suka meminum teh manis juga akan mengalami obesitas. Untuk itu gantilah teh manis dengan air putih saja karena sangat bermanfaat untuk kesehetan tubuh.

4. Stres berlebih

Jika anda sering mengalami stress apalgi yang berlebihan maka hal tersebut bisa memicu timbulnya berbagai penyakit pada tubuh salah satunya ialah diabetes. Karena ketika anda mengalami stress dapat menyebabkan gula dalam darah meningkat karena adanya hormon kortisol dan epinephrine yang terproduksi lebih. Obat Diabetes Di Apotik

5. Sering mengonsumsi gorengan

Salah satu makanan yang snagat di gandrumi oleh masyarakat Indonesia ialah gorengan. Pada umumnya makanan gorengan ini bisa memicu terjadinya gangguan kardiovaskular, kolestrol tinggi, dan stroke. Tapi tidak hanya itu saja maka gorengan secara terus menerus juga bisa menyebabkan penyakit diabetes karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Maka dari itu hindarilah makanan yang di goreng jika anda tidak ingin terkena diabetes.

6. Mengonsumsi minuman bersoda

Anda yang sering emngonsumsi minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko untuk terkena penyakit diabetes. Kandungan pemanis yang terdapat dalamminuman bersoda bisa meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga memicu terjadinya diabetes. Jika anda ingin mencegah terjadinya penyakit tersebut maka mulai sekarang beralihlah dari soda ke air putih. Obat Diabetes Di Apotik

7. Jarang melakukan aktivitas fisik atau olahraga

Jika anda kurang alam melakukan aktivitas fisik atau kurang berolahraga bisa meningkatkan risiko diabetes sampai 90% dalam waktu 20 tahun. Sehingga orang yang tidak malakukan aktivitas fisik akan sangat rentan untuk terkena obesitas dan diabetes dibandingkan dengan orang yang selalu rutin melakukan olahraga. Untuk mencegah terjadinya diabetes anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, dan joging serta berenang.

Cara mengobati diabetes secara alami

  1. Menggunakan kayu manis

Banyak orang di negara China yang menggunakan kayu manis ini untuk menurunkan kadar gula dalam dara yang menderita diabetes. Senyawa alami polifenol yang terkandung di dalam ekstrak kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah sehingga kayu manis sangat bermanfaat untuk proses metabolisme glukosa dalam tubuh. Obat Diabetes Di Apotik

Untuk mebuat ramuannya anda hanya perlu melarutkan bubuk kayu manis sebanyak satu sendok teh kedalam secangkir air hangat. Lalu minumlah ramuan tersebut selagi hangat secara rutin apalagi ketika kadar gula darah tinggi.

2. Memanfaatkan pare

Anda juga bisa menggunakan pare untuk menurunkan kadar gula darah tapi banyak orang yang menghindari sayuran ini karena rasanya yang kuat dan pahit. Tapi jika anda menderita diabetes maka snagat di sarankan untuk emngonsumsi pare secara teratur.

Karena di dalamnya terdapat kandungan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah serta melindungi fungsi insulin untuk tubuh. Tidak hanya itu pare ini juga akan memberikan efek untuk membantu tubuh dalam menjalankan sistem metabolisme glukosa dalam tubuh.

Untuk emngonsumsi sayuran ini anda harus memilih pare yang masih segar lalu potonglah menjadi beberapa bagian kecil dan cucilah hingga bersih. Setelah itu masukanlah pare tersebut kedalam belnder dan tambahkan sedikit air hingga halus. Dan minumlah jus pare ini secraa rutin sehingga kadar gula dalam darah kembali normal.  Obat Diabetes Di Apotik

3. Menggunakan kunyit

Didalam kunyit terdapat kandungan kurkumin yang bermanfaat untuk melindungi sel beta pada pankreas. Dan sel beta ini adalah sel aktif yang bekerja untuk prankeas dan berperan sebagai penghasil metabolisme insulin. Tidak hanya kurkumin kunyit ini juga memiliki kandungan lainnya yaitu minyak atsiri yang dapat menghasilkan insulin dalam tubuh.

Bahkan anda yang menderita diabetes sangat di anjurkan untuk menggunakan kunyit sebagai obatnya karena mempunyai banyak kandungan seperti protein dan zat gula alami yang sangat efektif untuk menyembuhkan diabetes. Obat Diabetes Di Apotik

post by: sansanherbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *