Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

4 Agu

Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

obat antibiotik infeksi saluran kencing
obat antibiotik infeksi saluran kencing

Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing – Infeksi saluran kencing bisa terjadi karena adanya bakteri yang masuk kedalam saluran kemih. Jika abakteri ini mengenai saluran kemih bawah maka disebut dengan infeksi kandung kemih sedangkan jika mengenaik bagian atas disebut dengan infeksi ginjal.

Faktor utama yang bisa memicu terjadinya infeksi saluran kemih ialah kuman yang bernama escherichia coli, namuan juga bisa disebabkan oleh bakteri lainnya, jamur, virus meskipun hal ini jarang terjadi. Wanita lebih sering mengalami penyakit ini dibandingkan dengan laki-laki karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

Kotoran di dalam darah akan disaring oleh ginjal lalu dikeluarkan dalam bentuk air urin. Yang kemudian urin tersebut dialirkan dari ginjal melalui ureter menuju tempat penampungan yang dikenal dengan kandung kemih. Setelah di tampung urin ini akan dibuang dari tubuh melalui saluran pelepasan yang dikenal dengan uretra.

Tanda-tanda infeksi saluran kemih

  1. Frekuensi buang air kecil meningkat

Gejala utama yang akan anda rasakan ketika terkena infeksi saluran kencing ialah buang air kecil secara terus menerus. Bahkan dorongan untuk buang air kecil ini akan muncul setelah anda mengosongkan kandung kemih. Kondisi tersebut akan membuat anda menjadi tidak nyaman karena harus bolak balik ke toilet. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

2. Disuria

Disuria merupakan suatu kondisi dimana timbulnya rasa nyeri atau sakit pada saat anda buang air kecil. Tidak hanya rasa nyeri anda juga akan merasakan sensasi terbakar ketika buang air kecil. Hal ini merupakan tanda bahwa anda terkena infeksi saluran kencing, maka dari itu segeralah periksakan diri ke dokter supaya mendapatkan pengobatan yang lebih cepat.

3. Munculnya darah dalam urin

Jika anda mengalami buanga air kecil yang disertai dengan darah, maka harus berhati-hati karena hal tersebut merupakan tanda dari infeksi saluran kencing. Keadaan ini bisa terjadi karena bakteri sudah berkembang dengan pesat pada saluran kemih. Setelah itu bakteri ini akan menyerang lapisan uretra sehingga dapat memicu bercampurnya darah dalam urin. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

4. Tubuh terasa lelah serta demam tinggi

Anda juga harus waspada jika merasakan kelelahan meskipun tidak melakukan kegiatan yang berat. Anda harus segera periksakan ke dokter jika mengalami tubuh yang lemah dan disertai dengan demam karena hal tersbeut merupaakn gejala dari infeksi saluran kencing. Demam yang anda rasakan ini disebabkan oleh infeksi yang sudah merambat pada bagian ginjal dan anda juga akan merasakan mual.

5. Nyeri punggung

Pada saat terkena infeksi saluran kencing anda juga akan merasakan gejala seperti rasa nyeri pada bagian bawah punggung dan pangkal paha. Kondisi tersebut bisa terjadi dikarenakan bakteri sudah menginfeksi saluran kemih bagian atas. Tidak hanya itu ada juga pada sebagain yang menderita penyakit ini merasakan nyeri pada daerah perut dan bisa mnegalami kram pada perut. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

Cara mengobati infeksi saluran kencing

  1. Menggunakan cuka sari apel

Banyak masyarakat yang memanfaatkan cuka sari apel untuk mengatasi kolestrol tinggi atau mengurangi tekanan darah tinggi. Tapi tidak hanya itu saja kita juga bisa memanfaatkan cuka sari apel untuk mengatasi infeksi saluran kencing yaitu dengan cara menyediakan satu sendok makan cuka sari apel, dan dua sendok makan madu. Setelah itu campurkanlah kedua bahan tersbeut hingga rata dan masukan kedalam segelas air, lalu konsumsilah ramuan tersebut secara rutin hingga infeksi yang anda alami sembuh.

2. Memanfaatkan jahe

Jahe adalah salah satu rempah tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengobati saluran kemih yang sudah terinfeksi bakteri karena bisa membantu pemulihan secara cepat bagi saluran kemih. Meskipun jahe ini memiliki efek samping, tapi jika kita mengobalah dan mengonsumsi secara tepay maka tidak akan bahaya.  Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

Jahe bisa menjadi penghambat dari penyebaran bakteri pada organ ginjal dan sistem kemih karena berperan sebagai agen antibakteri. Konsumsilah wedang jahe setiap hari jika saluran kemih anda sudah terlanjur terkena infeksi.

Tidak hanya itu saja anda yang sering mengonsumsi jahe juga bisa meredakan rasa sakit serta dapat membasmi bakteri di dalam saluran kemih sehingga dapat menyembuhkan infeksi yang terjadi.

3. Menggunakan kunyit

Tidak hanya jahe, anda juga bisa menggunakan rempah tradisional lainnya yaitu kunyit. Bahkan kunyit ini tidak perlu diragukan lagi dalam mengobati berbagai jenis penyakit seperti hepatitis B akut maupun kronis dan terutamanya ialah bisa mengatasi infeksi pada sistem kemih.

Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit bisa membantu pemulihan lebih cepat pada anda yang sedang menderita infeksi saluran kencing. Hal ini berkat kandungan aktif yang bernama kurkumin yang mampu berperan sebagai antiinflamasi, antijamur, dan juga anti bakteri.  Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

4. Memanfaatkan kumis kucing

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Sehingga kumis kucing ini bisa anda manfaatkan dalam mengtasi infeksi saluran kencing. Bahkan tidak hanya itu saja kumis kucing juga bisa mengobati kencing batu, dan batu ginjal secara alami.

Untuk membuat ramuannya anda hanya perlu menyediakan kumis kucing sebanyak 10 lembat yang sebelumnya sudah di bersihkan. Lalu rebuslah daun tersebut dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih.

Setelah itu minumlah air rebusan tersebut secara rutin yaitu 2 kali dalam sehari dengan masing masing setengah gelas. Jika anda malas membuat ramuannya, maka anda bisa membeli obat kumis kucing yang sudah terseida dalam bentuk kapsul yang bisa anda dapatkan di toko obat. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

5. Menggunakan blueberry

Sifat anti bakteri yang terkandung di dalam buah blueberry sangat ampuh dalam membantu pencegahan infeksi saluran kemih. Untuk itu konsumsilah buah ini secraa rutin yaitu sajikan untuk menemani sereal sarapan pagi anda atau sebagai minuman jus.

6. Memanfaatkan buah nanas

Pada saat menderita infeksi saluran kencing anda bisa mengobatinya dengan buah yang sangat segar yaitu nanas. Hal ini dikarenakan buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang sudah terbukti keampuhannya dalam mengobati infeksi. Bahkan ada sebuah penelitian memberikan bromelain dan anti biotik pada penderita infeksi saluran kencing dan hasilnya mujarab.

Untuk itu konsumsilah buah nanas ini dalam bentuk jus ataupun secara langsung setiap harinya. Namuan jangan menggunakan buah ini untuk melakukan pengobatan jika anda memiliki masalah pada asam lambung ataupun penyakit maag. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

7. Asupan vitamin C

Tubuh kita sangat memerlukan asupan nutrisi, dalam bentuk vitamin ataupun mineral karena sangat baik untuk menjaga keseluruhan sistem organ tubuh. Salah satunya vitamin yang memiliki khasiat tinggi ialah vitamian C dan vitamian ini juga bermanfaat untuk mengatasi infeksi saluran kencing.

Hal ini dikarenkaan vitamian C dapat mengasamkan urin sehingga bakteri yang berusaha masuk dan mneginvasi tak akan bisa menyerang. Sehingga anda tak perlu khawatir akan tersering oleh bakteri berbahaya sekalipun. Maka dari itu anda harus sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamian C atau suplemen supaya terhindar dari infeksi.

8. Memanfaatkan jus cranberry

Untuk mengobati infeksi saluran kencing secara alami anda juga bisa menggunakan jus cranberry. Sifat antibiotik yang terdapat dalam buah cranberry dapat mencegah bakteri menginvasi lebih jaun ke organ sistem kemih dalam tubuh. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

Untuk itu konsumsilah jus cranberry 4 ons perharinya supaya anda terbebas dari infeksi dan sangat baik dalam menjaga kesehatan kandung kemih. Namun sebelum minum jus ini anda harus memastikan bahwa jus tersebut adalah yang murni.

9. Baking soda

Tangani secara cepat jika anda mnegalami infeksi saluran kencing karena kondsi tersebut bisa menjadi serius. Salah satu cara pengobatan yang bisa anda lakukan di rumah ketika menderita infeksi saluran kencing ialah dengan memanfaatkan baking soda. Untuk mmebuat ramuannya anda hanya perlu mencampurkan baking soda sebanyak satu sendok teh dengan segelas air.

Setelah itu minumlahramuan tersebut yang dapat meringankan gejala infeksi sebelum berkembang menjadi lebih buruk. Soda ini bermanfaat untuk menetralkan keasaman dalam urin sehingga pemulihan dari infeksi akan berjalan lebih cepat. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

10. Memanfaatkan air putih

Tidak hanya dehidrasi, tubuh yang kekurangan cairan juga bisa mengancam kesehatan saluran kemih. Pada umumnya minum air putih yang paling baik ialah 2 liter atau 8 gelas setiap harinya dan anda akan dianggap sehat jika buang air kecil setiap 4 sampai 5 jam.

Salah satu pengobatan utama yang bisa anda lakukan ketika terkena infeksi saluran kencing ialah minum air putih sesering dan sebanyak mungkin yaitu setiap jam harus mengonsumsi 8 ons air penuh. Hal tersebut bertejuan untuk membasmi bakteri dengan cara menyiramnya.

Namun cara ini akan membuat anda menjadi lebih sering buang air kecil, tapi ini bukan masalah besar karena itu artinya bagian saluran kemih yang terinfeksi bakal kembali terjaga kesehatannya. Anda juga bisa menggunakan air panas yang ditempatkan dalam botol untuk meredakan rasa nyeri yaitu dengan cara mengkompreskan pada bagian bawah perut. Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

Cara mencegah infeksi saluran kencing

  1. Jangan menahan buang air kecil

JIka anda terlalu sering menahan buang air kecil maka bisa menyebabkan terjadinya peradangan atau infeksi saluran kencing. Pada saat anda menahan untuk buang air kecil maka hal tersbeut akan memberikan kesempatan kepada bakteri untuk berkembang biak. Mkaa dari itu untuk mencegah perkembang biakan bakteri anda harus selalu buang air kecil jika timbul hasrat atau keinginan untuk buang air kecil.  Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

2. Membersihkan secara benar

Anda juga harus memperhatikan kebersihan alat kelamin secara seksama setelah buang air kecil ataupun besar. Salah satu cara membersihkan yang benat yaitu dengan arah yang benar yaitu dari depan kebelakang baik menggunakan air ataupun menggunakan tisu.

3. Bersihkan organ intim sesudah melakukan hubungan seksual

Kebanyakan orang pasti tidak memperhatikan kebersihan organ intim setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan. Seharusnya setelah mekakukan hubungan anda segera membersihkan organ genital tersbut. Bahkan anda juga disarankan untuk buang air kecil setelah melakukan hubungan intim hal tersbeut bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri.   Obat Antibiotik Infeksi Saluran Kencing

 

post by: sansanherbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *