Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

17 Jul

Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

makanan yang di larang untuk penyakit ginjal
makanan yang di larang untuk penyakit ginjal

Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal – Penyakit ginjal merupakan suatu kondisi dimana organ ginjal mengalami gangguan. Tubuh anda memiliki dua buah organ ginjal yang berbentuk seperti kacang merah dan berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah. Kinerja tubuh juga akan terpengaruhi pada saat ginjal mengalami gangguan seperti mencuci darah yaitu menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urin.

Kira kira ginjal yang berada di dalam tubuh ini memiliki ukuran 10 sampai 12 cm atau sebesar kepalan tangan orang dewasa serta memiliki satu juta nefron yakni saringan darah yang sangat kecil. Dan dibawah ini adalah fungsi dari ginjal diantaranya sebagai berikut: Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

. Menyaring darah

 – Dalam sehari darah yang ada di dalam tubuh akan melewati ginjal hingga beberapa kali. Pada saat ginjal menyaring darah maka akan membentuk urin yang berasal dari zat sisa dan kelebihan cairan di dalam tubuh. Urin yang terbentuk akan dialirkan melalui ureter yang akan dibawa ke kandung kemih dan dibuang sebagai air seni.

  •  Menyaring dan membuang limbah – Tidak hanya bisa menyring darah ginjal ini bermanfaat untuk menyaring serta membuang limbah misalnya racun. Dan garam berlebih, dan urea yaitu limbah yang mengandung nitrogen dan di produksi saat metabolisme sel selesai. Di dalam hati urea ini akan terbentuk dan akan diangkut melalui darah ke ginjal untuk kemudian di buang. Sehingga jika tubuh tidak memiliki ginjal maka limbah dan racun akan menumpuk dalam darah.
  •  Ginjal ini juga memastikan bahwa jaringan tubuh menerima air yang cukup supaya dapat bekerja dengan baik dengan cara memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Sepanjang hari level air didalam tubuh akan terus berubah sehingga ginjal akan bereaksi.

selanjutnya

Kondiis tersebut bisa terjadi karena ginjal merupakan kunci dalam pemecahan kimia urin. Ginjal ini akan menyesuaikan diri ketika tubuh anda kekurangan cairan yaitu dengan dengan berinisiatif menyimpan air yang tersisa dalam tubuh bukan membuangnya. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

  •  Dengan cara memproduksi enzim renin ginjal ini bisa mengatur tekanan daran dan tingkat garam dalam darah. Untuk dapat menyaring darah ginjal ini memerlukan tekanan yang stabil atau konstan.
  •  Ginjal juga bisa mengatur sel darah merah karena pada saat ginjal tidak mendapatkan cukup oksigen maka akan mengeluarkan hormon erythropoietin. Yaitu suatu hormon yang dapat merangsang sumsum tulang untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah pembawa oksigen. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal
  •  Fungsi ginjal selanjutnya ialah mengatur keseimbangan asam-basa (ph) darah dan cairan tubuh yang sangat bermanfaat supaya tubuh bisa berfungsi secara normal. Makanan yang kita konsumsi bisa meningkatkan asam dalam tubuh.
  •  Selain itu ginjal juga berfungsi untuk menjaga konsentrasi mineral misalnya natrium, kalium, serta fosfor dalam darah.
  •  Ginjal juga menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan untuk keseimbangan zat kimia dalam tubuh.

Pentingnya ginjal

Sehingga ginjal ini sangat penting bagi tubuh kita maka dari itu jagalah kesehatan ginjal supaya bisa berfungsi dengan baik. Memang manusia bisa hidup dengan menggunakan satu ginjal saja tapi lebih baik lagi jika kita mempunyai dua ginjal yang sehat. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

Supaya ginjal tetap sehat maka anda harus menjaga tekanan darah dan kolestrol, mengonsumsi makanan rendah garam, perbanyaklah makan buah dan sayuran, serta minumlah yang cukup dan yang lainnya.

Gejala penyakit ginjal

  1. Sulit berkonsentrasi

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa ginjal ini berfungsi untuk memisahkan racun dengan darah lalu racun yang sudah terpisah tersebut akan dibuang keluar dari tubuh. Namun jika ginjal mengalami gangguan maka kinerja ginjal tersebut tidak akan maksimal sehingga akan mengakibatkan penumpukan racun di dalam tubuh.

Jika anda mengalami kondiis tersebut maka akan merasakan tubuh yang lelah serta sulit untuk berkonsentrasi. Maka dari itu jika anda sulit berkonsentrasi segeralah periksakan ke dokter supaya dapat penanganan yang tepat. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

2. Sulit tidur

Hati hati jika anda mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari karena hal tersebut bisa menandakan bahwa ginjal yang ada di dalam tubuh anda sedang mengalami gangguan. Tidur yang menjadi sulit ini disebabkan oleh adanya penumpukan racun di dalam tubuh bahkan kondisi tersebut juga akan membuat anda mengalami apnea tidur atau gangguan tidur.

Tidak hanya itu hal ini juga bisa memicu terjadinya komplikasi penyakit seperti obesitas dan diabetes karena sistem metabolisme tubuh yang terganggu pada saat tubuh anda tidak cukup istirahat. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

3. Kulit kering dan gatal

Gejala yang akan anda rasakan pada saat mengalami ginjal ialah kulit yang kering dan terasa gatal. Dam kondisi yang normal ginjal ini berfungsi untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh, membantu produksi sel darah merah, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat di dalam darah.

Jumlah mineral dalam darah akn berkurang ketika ginjal mengalami gangguan sehingga akan menyebabkan terganggunya keseimbangan nutrisi dan juga mineral di dalam darah.

Maka kondisi tersebut akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan kulit seperti nampak lebih kering karena kurangnya asupan nutrisi. Kulit gatal-gatal yang anda rasakan diakibatkan oleh menumpuknya racun didalam darah serta menumpuk lagi dibawah kulit.  Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

4. Sering buang air kecil

Gejala awal yang akan anda rasakan pada saat mengalami gangguan ginjal ialah meningktanya frekuensi buang air kecil terutama di malam hari. Biasanya anda akan sering buang air kecil di malam ahri namun dengan jumlah urin yang sedikit.

Hal ini dikarenakan filter yang ada di dalam organ ginjal mengalami kerusakan. Tidak hanya gejala dari penyakit ginjal sering buang air kecil juga merupakan gejala dari penyakit infeksi saluran kemih, dan pembesaran prostat pada laki-laki.  Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

5. Kencing berdarah

Pada saat mengalami penyakit ginjal anda juga akan mengalami gejala seperti kencing yang bercampur dengan darah. Dalam kondisi normal ginjal ini berfungsi untuk memisahkan racun atau limbah-limbah dengan darah tapi ketika filter ini mengalami kerusakan maka darah yang seharusnya disimpan justru bocor ikut keluar bersamaan dengan urin.

Hal tersebutlah yang mmebuat anda mengalami kencing yang tercampur dengan darah dan kondisi tersebut juga menandakan bahwa ginjal mengalami kerusakan seperti infeksi ginjal, batu ginjal, serta tumor ginjal.  Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

6. Urin berbusa

Tidak hanya tercampur dengan darah urin yang berbusa juga bisa menjadi tanda bahwa ginjal yang ada di dalam tubuh mengalami kerusakan. Urin yang berbusa ini dikarenakan mengandung protein seperti albumin yaitu protein yang bisa kita dapatkan dari telur. Protein ini akan disimpan di dalam tubuh pada saat ginjal dalam keadaan normal. Tapi jika ginjal mengaalami kerusakan maka protein tersebut akan bocor dan ikut bersama keluar dari tubuh bersama urin.

7. Bengkak disekitar mata

Jika anda mengalami pembengkakan pada area mata maka hal tersebut bisa jadi gejala utama dari gangguan ginjal. Mata yang bengkak ini disebabkan oleh banyaknya protein yang dibuang keluar tubuh bersama dengan urin. Maka anda bisa mengetahui kurang atau lebihnya protein didalam tubuh dari lingkar mata. apabila mata membengkak maka hal tersebut dikarenakan tubuh yang kekurangan protein.

8. Pembengkakan pada kaki

Tidak hanya pembengkakan pada area mata gejala penyakit ginjal juga bisa menimbulkan pembengkakan pada bagian kaki. Gejala ini sangat sering dialami oleh anda yang mengalami penyakit ginjal. Jika kondisi tersebut dibiarkan maka bisa menimbulkan komplikasi yang dapat menalar ke organ jantung dan juga hati. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

9. Penurunan nafsu makan

Banyak faktor yang bisa menyebabkan menurunnya nafsu makan salah satunya ialah anda yang mengalami penyakit ginjal. Menumpuknya racun di dalam tubuh merupakan penyebab menurunnya nafsu makan. Namun anda juga harus mempertimbangkan gejala lainnya karena nafsu makan yang menurun juga bisa disebabkan oleh faktor yang lainnya.

10. Kram otot

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa ginjal ini memiliki fungsi sebagai penjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Namun jika ginjal mengalami masalah atau gangguan maka akan menyebabkan elektrolit di dalam tubuh tidak seimbang. Salah satu lektrolit yang paling banyak menghilang dari tubuh ialah kalsium. Tubuh yang kekurangan kalsium akan menyebabkan anda mengalami kram otot. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

Cara mengobati penyakit ginjal secara alami

  1. Menggunakan daun sukun

Daun sukun bisa anda jadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa daun sukun ini. Memiliki kandungan senyawa kimia seperti hidrosianat, tanin dan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya ialah bisa mengobati penyakit ginjal.

Dan untuk membuat ramuannya anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun sukun yang sudah dicuci hingga bersih. Lalu rebuslah daun sukun tersebut dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Kemudian saring dan tuangkan pada wadah serta tunggu hingga beberapa saat supaya menjadi hangat.

Setelah itu barulah minum ramuan trersebut dan konsumsilah secara rutin sehari dua kali yaitu pada waktu pagi dan sore. Namun dengan catatan jangan mengonsum ramuan tersebut sebelum makan karena senyawa kimia yang terkandung di dalam daun sukun bisa bisa mengikis lambung yang ada dalam organ pencernaan.  Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal

2. Daun sirsak

Banyak masyarakat yang menggunakan daun sirsak untuk dijadikan obat herbal berbagai jenis penyakit salah satunya ialah penyakit ginjal. Di dalam daun sirsak terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan beberapa jenid senyawa yang bermanfaat untuk mengobati peradangan pada bagian ginjal.

Tidak hanya itu anti inflamasi yang terkandung dalam daun sirsak juga bisa membantu perdangan pada ginjal. Untuk membuat ramuan dari daun sirsak anda ahanya perlu menyiapkan daun sirsak sebanyak 7 lembar dan daun sirih merah sebanyak 5 lembar.

Lalu cucilah hingga menjadi bersih dan rebuslah kedua bahan tersebut dengan menggunakan air sebanyak 4 gelas hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Kemudian tungkan dan saring pada wadah tunggu hingga menjadi hangat Setelah jadi konsumsilah ramuan tersebut secara rutin sehari dua kali yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Makanan Yang Di Larang Untuk Penyakit Ginjal 

 

post by: sansanherbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *